Oleh: admin | 8 Februari 2011

Pentingnya Membangun Kepercayaan Diri

Sumber: www.AnneAhira.com

Dalam kehidupan kita, rasa kepercayaan diri adalah modal untuk mencapai kesuksesan dalam hal apapun. Rasa percaya diri bisa diartikan sebagai keberanian dalam diri sehingga seseorang mampu melakukan sesuatu yang dianggapnya benar.

Setiap orang pastilah ingin hidup sukses. Banyak yang berpendapat bahwa orang-orang yang mengalami kesuksesan hanyalah orang-orang yang berpendidikan tinggi dan memiliki segudang ilmu.

Gelar pendidikan yang tinggi memang merupakan salah satu faktor yang bisa membangun kepercayaan diri. Namun tak jarang pula orang-orang yang sudah memiliki ilmu tapi hampir selalu ragu-ragu dalam melakukan sesuatu.

Bagaimana dengan mereka yang kurang beruntung dan tidak memiliki kesempatan untuk mengenyam pendidikan yang tinggi? Apakah mereka tidak bisa meraih kesuksesan? Jawabannya tentu saja tidak. Setiap orang bisa sukses dengan cara apapun. Modalnya hanya satu, yaitu kepercayaan diri.

Anda mungkin salah satu orang yang pernah mendengar tentang kisah-kisah pengusaha sukses yang mungkin tidak sempat kuliah, atau pengusaha yang hanya lulusan SMP atau SMA. Bagaimana mereka bisa sukses sedangkan mereka tidak memiliki gelar pendidikan yang tinggi? Kepercayaan diri merekalah yang menuntun mereka untuk mencapai kesuksesan.

Tips Membangun Kepercayaan Diri

Apakah Anda termasuk orang tidak percaya diri dan selalu ragu-ragu? Segera hapus sifat seperti itu. Seberapapun tinggi ilmu Anda, bila tidak memiliki rasa percaya diri, maka Anda tidak akan pernah berhasil dalam kehidupan.

Berikut ini beberapa contoh cara membangun rasa percaya diri untuk Anda.

  • Pikirkan segala kelebihan Anda, buang jauh terlebih dahulu segala pikiran negatif tentang diri Anda sendiri. Cari tahu apa kelebihan Anda yang tidak ada pada orang lain. Misalnya Anda bisa menyanyi, melukis, menulis, membuat kerajinan, atau bahkan Anda merasa bahwa Anda adalah pekerja keras yang baik. Apapun itu, selalu berpikirlah bahwa Anda memang dilahirkan dengan banyak kelebihan.
  • Selalu berpikir positif dalam segala hal. Ketika menemui hambatan, jangan pernah mengatakan bahwa Anda tidak bisa melalui itu. Tanamkan dalam hati bahwa hambatan apapun pasti ada jalan keluarnya, dan Anda pasti bisa melaluinya.
  • Anda tidak perlu resah dengan apapun yang orang pikirkan tentang Anda. Terkadang, kepercayaan diri seseorang langsung turun begitu ada orang lain yang memandang rendah. Terimalah pendapat atau kritikan yang membangun dari orang lain. Bila ada yang mengejek atau berusaha menjatuhkan, Anda tidak perlu mendengarkan hal itu.
  • Dalam setiap melakukan sesuatu, selalu pikirkan baik-baik tentang keuntungan dan kerugiannya. Buatlah rencana atau gambaran tentang apa yang akan Anda lakukan. Dengan begitu Anda akan merasa lebih percaya diri dan lebih siap dalam menerima resiko.
  • Selalu yakin bahwa apa yang Anda lakukan adalah benar dan memang memiliki manfaat. Tidak peduli seberapa banyak orang yang tidak setuju, bila Anda merasa yakin, maka kepercayaan diri itu akan datang dengan sendirinya.
  • Berkumpul  dengan orang-orang yang selalu mendukung dan memberi masukan positif pada Anda. Pergaulan yang benar pasti akan membawa Anda pada kesuksesan.
  • Kegagalan dan kecemasan pasti selalu datang bagi mereka yang berusaha untuk mencapai kesuksesan. Jangan  buang-buang tenaga untuk meratapinya. Sebaliknya, Anda harus yakin bahwa bila satu kegagalan terlalui, maka Anda selangkah lebih dekat dengan kesuksesan. Ingatlah bahwa kesuksesan tidak akan datang pada mereka yang belum mengalami kegagalan.
  • Pasrah  terhadap apa yang akan terjadi. Pasrah bukan berarti berdiam diri. Pasrah berarti menyerahkan segala hasil usaha Anda pada Tuhan, karena bagaimana pun Tuhan lah yang akan menentukan bagaimana hasil akhirnya. Rasa pasrah bisa mendatangkan kepercayaan diri yang cukup besar, karena ketika Anda sadar bahwa Tuhan selalu mendampingi Anda, maka Anda pun yakin bahwa Anda bisa melalui rintangan apapun.

Kategori

%d blogger menyukai ini: