Oleh: admin | 11 Maret 2011

8 Kunci Sukses Wirausaha

Sumber: www.AnneAhira.com

Bosan jadi pegawai? Terlalu lama menganggur? Sekarang saatnya Anda menjadi seorang wirausahawan. Wirausahawan adalah orang yang mampu untuk hidup mandiri. Mampu menemukan, mengelola dan memasarkan hasil produksinya sendiri.

Tidak sedikit orang yang gagal dalam wirausaha, karena untuk sukses berwirausaha, Anda harus memiliki kunci sukses wirausaha. Berikut ini adalah 8 kunci sukses wirausaha.

Kunci 1: Pelajari dan Tentukan

Pelajari peluang bisnis yang ada di sekitar Anda atau yang mungkin bisa Anda kerjakan. Di tahap awal, Anda cukup mempelajari saja bermacam peluang yang kira-kira bisa Anda jalani. Setelah ada pembanding, barulah tentukan peluang mana yang akan Anda kejar. Ada baiknya memilih bisnis di bidang yang Anda sukai, karena setidaknya Anda memiliki dasar di bidang tersebut.

Kunci 2: Dalami dan Fokus

Jangan langsung hantam, Anda perlu menambah pengetahuan yang cukup mengenai bidang yang Anda pilih. Pelajari seluruh seluk beluk bidang tersebut, ketahui apa saja yang kiranya dapat membuat usaha Anda berhasil, dan hal apa yang sekiranya menghambat peluang ini.

Jika masih “buta” dengan bisnis, pelajari juga dasar-dasar dalam bisnis. Tidak ada salahnya menerima saran dari pakar atau orang yang menggeluti bidang yang sama. Tapi ingat, keputusan seluruhnya berada di tangan Anda.

Kunci 3: Kreatif

Ketika memilih berwirausaha, Anda harus mampu berpikir kreatif, mencari inovasi-inovasi baru dalam bisnis. Di bidang usaha yang sama, tentu produk yang lebih kreatiflah yang akan dipilih oleh konsumen.

Kunci 4: Berani

Dengan persiapan yang matang, pengetahuan yang cukup, sekarang tibalah saatnya Anda berani untuk mengambil keputusan. Berani menjalani sebuah peluang. Berani mengambil risiko dan berani melakukan perubahan untuk diri Anda.

Kunci 5: Tekun dan Kerja Keras

Menjadi wirausaha bukan berarti Anda bisa berleha-leha. Anda harus berusaha lebih keras untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Anda harus siap bekerja tujuh hari dalam seminggu, karena kesuksesan tidak mudah untuk raih.

Kunci 6: Bertemanlah dengan Siapa Saja

Semakin banyak teman, semakin besar kesempatan untuk maju. Seorang wirausaha harus berteman dengan siapa saja, bisa beradaptasi dengan semua golongan. Baik dengan pejabat, sesama wirausaha, tukang becak, siapa saja.

Percayalah, mereka akan ikut mempromosikan usaha Anda. Mereka juga bisa memberi masukan untuk usaha Anda. Konsumen hendaknya juga diposisikan sebagai teman, karena konsumen juga bisa memberikan masukan dan kritikan mengenai produk Anda.

Kunci 7: Menjadikan Kegagalan sebagai Pelajaran

Kegagalan adalah risiko dalam wirausaha. Jika bertemu dengan kegagalan, jangan pernah mencari kambing hitam dari sebuah kegagalan. Jadikan kegagalan sebagai bahan pelajaran untuk memperbaiki usaha.

Kunci 8: Doa

Ketika sudah menjalankan semua kunci sukses wirausaha di atas, jangan lupa berdoa, mengharap ridho dari-Nya.


Kategori

%d blogger menyukai ini: